KUMPULAN REFLEKSI MUTIARA RUHANI BUNK RAFLI

Posted: April 7, 2010 in refleksi

1.

Menangislah ketika kawanmu menangis, SEBAB kata Imam Ali ;  AL-ASHDIQA NAFSUN WAHIDAH FI JUSUM MUTAFFARIQAH. “Sahabat2 itu satu pribadi dalam tubuh yang berbeda”.

2.

Ya Allah, ubahlah kebencian pendendam menjadi kecintaan, kedengkian penjahat menjadi kasih sayang, permusuhan orang terdekat menjadi kesetiaan, kedurhakaan keluarga menjadi kebaktian.

3.

Hal pertama yang dihilangkan dari umat ini ialah AMANAH (KEJUJURAN) DAN KEKHUSYUKAN sehingga hampir tidak pernah kamu melihat orang yang khusuk.

(Al-kanzul 5889)

4.

Siapa yang tidur dan dalam hatinya ada niat buruk pada sesama muslim, maka ia tidur dan bangun dengan murka Allah, sampai ia bertaubat. Jika ia mati, matinya bukan dalam agama islam.

5.

Jika hawa nafsumu kau mintai pendapat / apapun katanya, lawanlah si jahat / jika ia suruh kamu sholat  dan puasa / ia menipumu dan menjebakmu sampai binasa.

(Jalaluddin Rumi – MM 2:2274)

6.

Ya Muhammad, wajib cintaKU bagi para pencinta karenaKU. Wajib cintaKU bagi orang yang saling menyayangi karenaKU bagi orang yang pasrah kepadaKU.

(Hadist Qudsi)

7.

Tuhanku, aku lapar akan cintaMU dan tak pernah kenyang, aku haus akan KasihMU dan tak pernah puas. Duhai rinduku kepada DIA yang melihatku dan yang tak kulihat.

(Al-biharur Anwar)

8.

Rosullah saww bersabda :

Memperoleh kemenangan dan pertolongan BERKAT kaum muslimin yang MISKIN ( Kanzul Ummal 18023)

9.

Cintailah semua kebaikan dengan keluhuran budi. Semua akan berantakan kalau kamu kacaukan Cinta DAN Nafsu, karena jarak keduanya tidak terhingga (Jalaluddin Rumi – Matsnawai)

10.

Rosullah saww bersabda :

Manusia terbaik adalah orang yang tidak meninggalkan AKHERAT karena dunia DAN tidak DUNIA untuk akherat. Serta hidup mandiri tidak bergantung pada orang lain. (Kanzul Ummal 6336)

11.

Rosullah saww bersabda :

Bekerjalah di pagi hari untuk menuntut ILMU dan mencari REZEKI, karena kerja pagi adalah keberkahan dan keberhasilan. (Kanzull Ummal 9445)

12.

Rosullah saww bersabda :

Ciri-ciri orang dzalim itu ada 3 :

  1. Mendzalimi atasannya dengan pembangkangan,
  2. Mendzalimi bawahannya dengan penindasan,
  3. DAN bekerjasama dengan pelaku kedzaliman.

12.

Sesungguhnya hanya kepada ALLAH swt aku adukan pedih dan sedihku. Aku mengetahui dari ALLAH, apa yang kalian tidak ketahui (QS 12:86)

13.

Rosullah saww bersabda :

Tanda-tanda kecelakaan ; Mata yang beku, hati yang keras, sangat rakus mencari dunia dan selalu mengulangi dosa. (Albihar 73:162)

14.

Tidak sama KEBAIKAN dan KEJAHATAN.Tolaklah dengan cara yang lebih baik, maka orang yang bermusuhan dengan kamu berubah menjadi teman yang sangat setia (QS 41:34

15.

Waktu Nabi saww yang mulia menangisi putranya, beliu ditegur sahabatnya. Beliau berkata ; “ini bukan tangisan, ini kasih sayang, siapa yang tidak menyayangi, tidak akan disayangi.

16.

Kata dermawan : jangan puji aku, aku hanyalah CEREK yang mengalirkan air ke mulut orang yang kehausan.Pujilah DIA yang mengisi cerek itu (Kang Jalal )

17.

Musa berkata : “Ya Tuhanku, demi nikmat yang telah kau anugerahkan kepadaku, aku sekali-kali tidak akan menjadi pembela bagi kaum pendurhaka” (QS 26:17)

18.

Tuhan mengubah kamu dari satu perasaan ke perasaan yang lain. Tuhan mengajar kamu SUKA dan DUKA supaya kamu terbang dengan DUA sayap tidak SATU (Jalaluddin Rumi Matsnawai)

19.

Salamun ‘alahi yauma wulida yauma hamutu wa yauma yub’atsu hayya : “Sejahteralah baginya pada hari ia lahir, hari ia mati & hari ia dibangkitkan” (QS 19:15

20.

Berbuat baiklah pada manusia, seperti Allah swt berbuat baik padamu, jangan berbuat kerusakan di bumi karena Allah swt tidak menyukai orang2 yang berbuat kerusakan (QS S Hud:14)

21.

Jangan putus asa dari kasih dan sayang Allah swt, sebab orang kafirlah yang putus asa dari kasih sayang Allah swt (QS S Yusuf:37)

22.

Rosullah Saww bersabda : “Cinta dunia sumber segala maksiat dan awal semua dosa” (Mizan Al-hikmah 3:294)

23.

Jauhilah olehmu omongan yang mengecam, karena orang jahat akan mencelakakanmu dengannya dan orang baik akan lari dari padamu karenanya (Imam Ali kw)

24.

Kedua lebah makan dari tempat yang satu/dari yang satu keluar sengat, dari yang lain madu/yang itu makan , keluarlah bakhil dan hasad/yang itu makan terpancarlah cahaya ahad (jalaluddin Rumi, Mastnawai)

25.

“Husain Melanjutkan misi para Nabi, terlepas beban penderitaan manusia dan belenggu2 yang memasung kebebasan mereka” (QS 7:157 – 40 hari syahadah Imam Husain as)

26.

“Apakah orang yang semula mati lalu kami hidupkan dan kami jadikan mereka baginya cahaya yang dengannya ia berjalan di tengah2 manusia sama dengan orang yang berada dalam kegelapan” (QS 6:122)

27.

“Malam itu panjang, jangan pendekkan dengan tidurmu, siang itu terang, jangan kau gelapi dengan dosamu” (Jalaluddin Rumi, Mastnawai)

28.

Hal pertama yang dihilangkan dari umat ini adalah amanah (kejujuran), & kekhusukan sehingga hampir tidak pernah kamu melihat orang khusuk (Alkanzul Ummal 5889)

29.

Nabi saw bersabda : “Barang siapa belajar agama untuk meraih keuntungan dunia, ia tidak akan mendapatkan apapun di akherat.Jika ia mempelajarinya untuk akherat, Allah swt berikan kebaikan dunia & akherat”

30.

“Jangan berharap mati karena derita menimpamu, tapi ucapkan Tuhan, hidupkan aku selama hidup lebih baik bagiku & matikan aku jika mati lebih baik bagiku (HS Buchari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s